Senin, 01 Mei 2017

BUSSINESS PLAN



BUSSINESS PLAN
Hai sahabat blogger.. kali ini penulis akan memposting mengenai business plan atau rancangan bisnis. Business plan adalah suatu rencana atau rancangan mengenai kegiatan usaha atau bisnis yang akan dijalankan. Apa saja yang ada dalam business plan? Akan kita ulas pada postingan kali ini.
Ketika akan mendirikan suatu usaha haruslah dipersiapkan dengan matang agar nantinya bisnis dapat berjalan dengan baik dan tetap sukses dari masa ke masa. Mulai dari jenis usaha, proses produksi, sampai penjualan dan analisis pasar harus diperhatikan. Jadi dalam bussiness plan ini akan dikupas tentang semua hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memulai suatu bisnis. Bussiness plan ini mencakup:
1.      Latar belakang usaha, yaitu berisi tentang gambaran dasar produk yang diperjual belikan, gambaran dasar dari usaha, serta alasan mengapa memilih bidang usaha tersebut.
2.      Rencana bisnis, yaitu berisi tentang visi dan misi yang akan dicapai dalam usahanya ketika nanti berjalan. Selain itu juga berisi isdentifikasi usaha, ruang lingkup usaha, dan tujuan mendirikan usaha tersebut.
3.      Analisis usaha, yaitu berisi mengenai rencana produk yang akan dijual dan kelebihan serta keunikan yang dimiliki produk yang mana membedakan dari produk perusahaan lain yang menunjukkan kelayakan produk untuk diperjual belikan.
4.      Deskripsi tentang usaha, pada bagian ini akan mengupas tentang jenis usaha yang mana memaparkan varian dari produk yang ditawarkan. selain itu juga menyangkut prospek usaha dimasa depan.
5.      Rencana produksi, pada bab ini membahas secara detail mengenai produk yang akan dijual, mulai dari bahan baku yang dibutuhkan sampai dengan proses produksi serta mesin atau alat yang digunakan.
6.      Rencana pemasaran, yaitu mencakup tentang:
a.       Analisis persaingan usaha (SWOT), yaitu mengenai kekuaran, kelemaham, peluang, dan ancaman dari kegiatan usaha yang dijalankan. Hal ini diperlukan agar kita dapat memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki serta dapat mengantisipasi dan menangani kelemahan dan ancaman yang mungkin akan terjadi.
b.      Analisis 4P (product, price, promotion, place), yaitu memaparkan bentuk produk, harga, metode promosi dan pemasaran, serta tempat produk akan dijual.
c.       Target dan segmentasi pasar, yaitu menjelaskan mengenai target usaha yang akan dicapai, analisis mengenai pasar yang akan dituju dan strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik konsumen.
7.      Rencana permodalan, yaitu membahas mengenai modal yang dibutuhkan dalam usaha. Pada bagian ini akan dihitung mulai dari biaya produksi (biaya variable dan biaya tetap) sehingga dapat diperkirakan modal yang diperlukan. Dari perhitungan tersebut, maka dapat dihitung juga rencana keuntungan dan kapan modal akan kembali.
Dengan merancang business plan ini kita dapat menjadikannya acuan dalam menjalankan usaha. Jadi pentingnya merancang business plan diantaranya adalah dapat mengetahui lagkah-langkah yang harus dilakukan untuk merealisasikan ide bisnis agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan bisnis plan ini akan mempermudah dalam memperoleh sumber dana (permodalan), apabila bisnis yang akan dijalankan menarik dan memiliki prospek keuntungan yang baik dimasa mendatang maka para investor akan tertarik untuk menanamkan modal untuk bisnis tersebut. Dengan bisnis plan calon wirausaha dapat memperkirakan gambaran hasil di masa mendatang,  dengan rangkaian-rangkaian langkah bisnis yang telah disusun serta anggaran-anggaran biaya yang telah dibuat, maka gambaran bisnis baik dalam jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang dapat diprediksikan oleh calon wirausaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar