BUSSINESS PLAN
Hai sahabat blogger.. kali ini penulis akan memposting
mengenai business plan atau rancangan bisnis. Business plan adalah suatu
rencana atau rancangan mengenai kegiatan usaha atau bisnis yang akan
dijalankan. Apa saja yang ada dalam business plan? Akan kita ulas pada
postingan kali ini.
Ketika akan mendirikan suatu usaha haruslah dipersiapkan
dengan matang agar nantinya bisnis dapat berjalan dengan baik dan tetap sukses
dari masa ke masa. Mulai dari jenis usaha, proses produksi, sampai penjualan
dan analisis pasar harus diperhatikan. Jadi dalam bussiness plan ini akan dikupas
tentang semua hal yang perlu kita pertimbangkan dalam memulai suatu bisnis.
Bussiness plan ini mencakup:
1. Latar belakang usaha, yaitu berisi tentang
gambaran dasar produk yang diperjual belikan, gambaran dasar dari usaha, serta
alasan mengapa memilih bidang usaha tersebut.
2. Rencana bisnis, yaitu berisi tentang
visi dan misi yang akan dicapai dalam usahanya ketika nanti berjalan. Selain
itu juga berisi isdentifikasi usaha, ruang lingkup usaha, dan tujuan mendirikan
usaha tersebut.
3. Analisis usaha, yaitu berisi
mengenai rencana produk yang akan dijual dan kelebihan serta keunikan yang
dimiliki produk yang mana membedakan dari produk perusahaan lain yang
menunjukkan kelayakan produk untuk diperjual belikan.
4. Deskripsi tentang usaha, pada bagian
ini akan mengupas tentang jenis usaha yang mana memaparkan varian dari produk
yang ditawarkan. selain itu juga menyangkut prospek usaha dimasa depan.
5. Rencana produksi, pada bab ini
membahas secara detail mengenai produk yang akan dijual, mulai dari bahan baku
yang dibutuhkan sampai dengan proses produksi serta mesin atau alat yang
digunakan.
6. Rencana pemasaran, yaitu mencakup
tentang:
a. Analisis persaingan usaha (SWOT), yaitu
mengenai kekuaran, kelemaham, peluang, dan ancaman dari kegiatan usaha yang
dijalankan. Hal ini diperlukan agar kita dapat memaksimalkan kekuatan dan
peluang yang dimiliki serta dapat mengantisipasi dan menangani kelemahan dan
ancaman yang mungkin akan terjadi.
b. Analisis 4P (product, price,
promotion, place), yaitu memaparkan bentuk produk, harga, metode promosi dan
pemasaran, serta tempat produk akan dijual.
c. Target dan segmentasi pasar, yaitu
menjelaskan mengenai target usaha yang akan dicapai, analisis mengenai pasar
yang akan dituju dan strategi pemasaran yang digunakan untuk menarik konsumen.
7. Rencana permodalan, yaitu membahas
mengenai modal yang dibutuhkan dalam usaha. Pada bagian ini akan dihitung mulai
dari biaya produksi (biaya variable dan biaya tetap) sehingga dapat
diperkirakan modal yang diperlukan. Dari perhitungan tersebut, maka dapat
dihitung juga rencana keuntungan dan kapan modal akan kembali.
Dengan merancang business plan ini kita dapat menjadikannya
acuan dalam menjalankan usaha. Jadi pentingnya merancang business plan
diantaranya adalah dapat mengetahui lagkah-langkah yang harus dilakukan untuk
merealisasikan ide bisnis agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan
bisnis plan ini akan mempermudah dalam memperoleh sumber dana (permodalan),
apabila bisnis yang akan dijalankan menarik dan memiliki prospek keuntungan
yang baik dimasa mendatang maka para investor akan tertarik untuk menanamkan
modal untuk bisnis tersebut. Dengan bisnis plan calon wirausaha dapat
memperkirakan gambaran hasil di masa mendatang,
dengan rangkaian-rangkaian langkah bisnis yang telah disusun serta
anggaran-anggaran biaya yang telah dibuat, maka gambaran bisnis baik dalam
jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang dapat diprediksikan oleh
calon wirausaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar